Selasa, 20 November 2012

Ciri-ciri Kelinci Akan Melahirkan



Saat hendak melahirkan kelinci nampak gusar dan gelisah. Mereka merasakan perutnya bergerak-gerak. Tanda-tanda ini dibaca oleh sang induk sebagai bahwa sebentar lagi akan terjadi kelahirkan. Biasanya kelinci melahirkan antara umur 28-34 hari. Namun kebanyakan kelinci melahirkan pada usia kandungan 29-30 hari. Masa-masa hamil membutuhkan perhatian khusus. Minggu pertama setelah kawin peternak harus memperhatikan pakan yang baik, yakni rumput, sayuran dan pellet. Jangan sampai telat air minumnya.

Pelet harus tersedia siang dan malam. Jangan sampai kotak makanan kosong sama sekali. Sayuran setengah kering diberikan sedikit pada siang hari. Sorenya diberikan rumput sebesar badan kelinci. Usahakan malam harinya, sekitar jam 10 atau jam 11 diberi tambahan rumput atau umbi, wortel, atau bisa juga ketela pohon. Kelinci hamil seperti halnya manusia. Banyak keinginan untuk makan. Karena itu supaya anaknya sehat dan pola menyusuinya bagus pakan tersebut harus dipenuhi. Selama masa kehamilan kelinci biasanya gelisah dalam tiga periode, yakni minggu pertama dengan membesarnya janin. Minggu kedua bergesernya janin, dan minggu akhir, 3 hari sebelum melahirkan.
Pada usia kandungan 27 hari usahakan sudah tersedia kotak untuk calon jabang bayi. Berikan jerami secukupnya agar Induk merasa tenang. Jika kotak tidak diadakan, induk akan merasa stress berat karena ia merasa khawatir tidak bisa melindungi anak-anaknya. Hal lain yang harus diperjelas adalah pemenuhan minum. Orang bilang kelinci cukup mengonsumsi kandungan air yang ada dalam rumput. Mereka berasumsi rumput mengandung 80% lebih air sehingga tidak perlu diberikan minum. Ini pola pikir kebanyakan yang sembrono dan ngawur. Memang benar kadar air rumput sudah banyak, namun sebagai makhluk hidup kelinci juga butuh minum. Analoginya, cukupkah manusia hanya mengonsumsi air dari kuah sayuran?
Jelas tidak. Kelinci juga butuh minum. Untuk kelinci yang tidak hamil cukup ½ gelas perhari. Sedangkan kelinci hamil membutuhkan 1 gelas perhari.
Anak kelinci yang lahir dari induk sehat dengan mengonsumsi air secara baik akan terjamin kesehatan dan kekebalan tubuhnya dibanding anakan induk yang tidak diberikan air. aat-saat menjelang kelahiran, induk akan mencabuti bulunya. Biarkan saja. Usahakan saat hendak melahirkan jangan dilihat terlalu dekat karena akan menimbulkan kekhawatiran anak-anaknya dimangsa manusia. Karena itu persiapan sebelum melahirkan harus dipenuhi secara baik sehingga kita tidak perlu khawatir adanya anak yang kejepit dikandang atau ketidaknyamanan kandang. Setelah 5 menit melahirkan, berikan air segar dan sayuran. Perlu diketahui, Induk setelah melahirkan akan mengalami dehidrasi dan rasa lapar yang hebat. Karena itu berikan perhatian dengan sayuran, wortel dan minuman, syukur ditambah vitamin. Berikan kasih sayang dengan cara mengelus-elus kepala dan badannya saat sang induk makan. Tapi jangan coba-coba memegang anak-anaknya yang baru lahir, sebab sang induk akan marah dan cemas. Usahakan kalau terpaksa harus mengatur anak-anaknya karena jatuh dari kandang atau kejepit jangan pakai tangan kosong. Pakailah plastik yang bersih atau koran. Sebab jika daging sang anak bau tangan manusia ada sebagian induk yang enggan menyusuinya.
1. Berapa hari kelinci mengandung? 28-35hari
2. Berapa jumlah anak kelinci/kelahiran? 5-8, kadang hanya 1-3
3. Berapa hari masa menyapih/menyusui anak kelinci : 2-5minggu, namun sebaiknya minimal 4 minggu. masa sapih 2 minggu rentan kematian dan kualitas anak kelincipun tidak baik
4. Bagaimana mengetahui/ciri-ciri kelinci yg hamil? Cirinya adalah tidak mau kawin lg dengan kelinci pejantan. Jika kelinci tersebut sedang hamil, biasanya ia akan menjadi galak terhadap pejantan, namun tidak semua kelinci betina seperti itu. Cara paling efektif adalah meraba perut kelinci pada hari 7-8 setelah perkawinan. Kelinci yg hamil biasanya akan terasa seperti terdapat semacam bola/gumpalan pada perutnya
5. Bagaimana ciri2 kelinci yg akan melahirkan? Biasanya kelinci yg akan melahirkan bulunya rontok(terutama pada anggora). Bulu tersebut akan digunakan sebagai selimut bagi anak2nya
6. Apa yg harus disiapkan menjelang kelahiran anak kelinci? Biaya persalinan dan transportasi..uups..maaf Yg harus disiapkan adalah kas/tempat anak. Biasanya berbentuk box/kotak.
7. Apa yg tidak boleh dilakukan selama kelinci hamil? Jangan terlalu sering memegang/memindah2 kelinci yg sedang hamil tua karena dapat menyebabkan kematian anak dalam kandungan dan kelinci itu sendiri
sebuah penelitian yang didasarkan atas pengalaman beberapa induk kelinci Hamil yang Galak, karena begitu protektif terhadap anak yang dikandungnya, walau tidak semua induk seperti itu,,,
kenapa Galak ? seperti tertulis diatas merupakan bentuk protektif terhadap anak yg dikandungnya, dan juga sensitif ketika kondisi hamil ( kaya orang aja ya ) masa si, hehe….
induk yang galak biasanya menyusui anaknya ? berdasarkan penelitian terhadap dua induk REx dan Holand Lop yg begitu protektif ini, ternyata mereka sangat perhatian terhadap anak2nya, sering masuk kedalam kotak baby bunnies u/ menyusui anak2nya, dan kerap ketika mereka diam pun posisinya menghadap kotak anak, kemudian kalo ada suara2 gaduh atau bising induk buru2 ke kotak anaknya untuk menjaga dan menjilati anak anaknya, ck.ckk… luar biasa kan !!
walau tidak bisa dijamin 100%, tp kemungkinan besar memang seperti itu, karena data di beberapa peternak yang mempunya induk kelinci hamil dgn ciri2 diatas mampu mengurus anak2nya dengan baik.
so.. buat para hobbies or peternak yang ingin membeli indukan yang bagus mengurus anaknya jangan lupa memperhatikan ciri diatas, hehe..
tp ada juga kondisi induk yang biasa saja, jinak dan tidak sensitive seperti diatas tp bagus mengurus anaknya. Minimal menyusui anaknya. Hal ini dialami oleh peternak sendiri yang memiliki kelinci rex sejak umur 1.5 bulan hingga kini usia 7 bulan dan baru saja melahirkan 5 ekor anaknya pada tanggal 1 agustus lalu, alhamdulillah anaknya sehat2 dan sudah mulai besar, perutnya gemuk2, hehee, ada 2 yang tricolor dan 2 lagi harlequin. Smoga mereka cepat besar yaa…
nah .. cirri induk yang satu ini memang menyusui anaknya. Tp dlm kondisi tertentu dia kurang protektif dibandingkan induk diatas yang galak, satu contoh ketika kotak anaknya kita ambil, dia biasa2 aja, walau ada akhirnya nyari nyari… dibandingkan dengan induk galak yang ketika kita pegang kotaknya pun dia langsung nyamperin dan berusaha mempertahankannya . hmm…. Ini lumayan ngaruh loh, apalagi klo lingkungan sekitar kandang banyak tikusnya.
Well, demikian hipotesa awal dari sebuah penelitan singkat kami 


Sumber: http://happyrabbit90.blogspot.com/2010/03/ciri-ciri-kelinci-saat-melahirkan.html

8 komentar:

  1. mbak,lalau mau kasih minum kelinci itu pakai air matang atau air mentah????

    BalasHapus
  2. mbak,lalau mau kasih minum kelinci itu pakai air matang atau air mentah????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah aja gan....dua2nya boleh...

      Hapus
  3. mas/mbak kelinci sy kemarin tgl 31 pagi pndrahan, trus tadi pagi sy lihat ada darah kental dan mkn banyak kmudian sy lihat ada yg menonjol besar di kemaluan sepertinya sudah mau melahirkan tp 1 harian sampai mlm ini induk blm brhasil mengeluarkn bayi sementara kantong bayi masih menonjol dn pndarahan, sy bingung harus gimana

    BalasHapus
  4. Mbak kalau di kandang kelinci ada putih putihnya itu pertanda apa mbak ?

    BalasHapus
  5. bagaimana kalu kelinci saya tidak mau minum ?

    BalasHapus